29/11/2020

Inspirasi

Inspirasi

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan yang Wajib Diketahui Bunda

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan yang Wajib Diketahui Bunda

Melihat bagaimana tumbuh kembang bayi anda memang menjadi salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan. Termasuk melihat tumbuh kembang bayi 4 bulan. Pada usia 4 bulan inilah, bunda mungkin akan lebih sering mendengarkan mereka mengoceh 2 hingga dua patah kata. Tidak, hanya itu saja, mereka pun juga sudah bisa berguling dari tengkurap ke terlentang.

Bukan hanya itu saja, bayi usia 4 bulan sendiri ternyata mengalami peningkatan berat badan hingga 3 kali lipat dibandingkan ketika baru dilahirkan. Biasanya bayi laki-laki berusia 4 bulan memiliki berat badan rata-rata 5-8,6 kg, sedangkan untuk bayi perempuan sekitar 5-8,1 kg.

Tumbuh kembang bayi usia 4 bulan

Tidak hanya itu saja, pada umumnya bayi berusia 4 bulan ternyata sudah dapat menangkap vocal maupun konsonan pembentuk kata-kata dasar. Untuk bunda yang ingin mengetahui bagaimanakah perkembangan bayi di usia 4 bulan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Kemampuan motorik

Pada usia 4 bulan ini, bayi memiliki kemampuan motorik yang semakin baik dimana mampu mengkoordinasikan tangan maupun matanya. Mainan kursi goyang untuk bayi dapat menjadi sarana terbaik mereka untuk bermain.

Tidak hanya itu saja, mereka pun sudah bisa meraih benda yang menarik perhatiannya, matanya juga dapat mengikuti pergerakan maupun perpindahan suatu objek yang ada di hadapannya. Kepalanya sudah dapat tegak tanpa bantuan oleh orang dewasa. Mereka juga sudah menegakkan kepala dan pundak ketika diangkat.

  1. Kemampuan bicara

Tumbuh kembang bayi 4 bulan yang berikutnya juga dapat dilihat dari kemampuan bicara yang mereka miliki. Ia sendiri mulai berceloteh maupun menirukan suara yang ia dengar dengan cara memperhatikan pergerakan bibir bunda pada saat berbicara.

Mereka juga sudah dapat memadukan konsonan dan vocal seperti papa dan ya-ya. Vocal a sendiri merupakan huruf yang paling sering dilafalkan oleh bagi terutama ketika mereka sudah bisa berceloteh.

  1. Kemampuan social

Bayi yang berusia 4 bulan juga sudah dapat menirukan ekspresi wajah orang dewasa dimana tersenyum lebar maupun cemberut. Tidak hanya itu saja, mereka pun juga sudah dapat bermain dengan orang lain dan akan menangis ketika permainan tersebut dihentikan. Mereka melakukan komunikasi dengan cara menangis.

Bunda wajib tahu apabila suara tangisan tersebut dapat menjadi tanda apabila mereka sedang lelah, lapar maupun merasa kesakitan. Walaupun sering menunjukkan ekspresi menangis, tetapi mereka juga dapat tertawa ketika menemukan hal yang lucu di depannya.

Jangan lupa, sebagai orangtua anda juga harus memenuhi nutrisi buah hati anda seperti dengan memberikan ASI yang cukup. Perlu diingat pada usia 4 bulan ini, bayi belum dapat diberikan makanan padat.

Sebagai orangtua yang baik, melihat bagaimana tumbuh kembang si kecil memang menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Demikian beberapa contoh tumbuh kembang bayi 4 bulan yang wajib diketahui oleh setiap orangtua.