08/03/2021

Inspirasi

Inspirasi

Tips Cerdas Membuat Toko Online Sebagai Persiapan Awal

Tips Cerdas Membuat Toko Online Sebagai Persiapan Awal

 

Tidak sulit untuk membuat toko online. Banyak yang memutuskan menjalankan bisnis secara online karena lebih mudah dijalankan dan juga bisa menjangkau pelanggan dari seluruh wilayah di Indonesia. Tentu saja ini dapat terjadi karena adanya dukungan dari teknologi yang canggih. Namun sebelum memulai bisnis online, terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak salah melangkah.

Pilih Platform Toko Online

Menggunakan platform berbasis web akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi secara online termasuk menerima pesanan dari pelanggan. Jika ingin menjual banyak barang, kebanyakan juga menyediakan fitur keranjang belanja online. Fitur ini merupakan salah satu strategi untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggannya.

Apabila Anda berfokus pada penjualan produk, maka platform e-commerce akan menyediakan fungsi penjualan online dan juga melakukan manajemen pesanan yang lebih baik dan rapi sehingga mudah digunakan pelanggan.

Apabila Anda ingin menjual produk sekaligus membuat konten menarik seputar produk yang dijual, maka Anda bisa membuat platform blog. Jangan lupa gunakan plugin shopping cart untuk memudahkan pelanggan berbelanja.

Bagaimana Memenuhi Pesanan Melalui Toko Online?

Apabila telah menemukan platform yang tepat, maka kini untuk menentukan bagaimana cara menyediakan produk dan memenuhi pesanan pelanggan mulai dari penyimpanan inventaris, pengemasan dan pemilihan produk, hingga pengiriman produk sampai barang diterima pelanggan.

Proses memenuhi pesanan haruslah akurat dan efisien. Jangan sampai salah mengirim barang atau terlalu lama mengirim barang yang membuat pelanggan kesal karena paket yang tidak kunjung datang. Untuk memenuhi kebutuhan terdapat 3 cara yaitu memenuhi kebutuhan secara mandiri, melalui pihak ketiga (third party fulfillment), atau dropship.

Apa yang Digunakan Untuk Membungkus Pesanan dari Toko Online?

Terdapat berbagai cara pengiriman yang bisa digunakan untuk mengirim produk Anda. Tentu ini bisa disesuaikan dengan dengan produk yang dikirim. Semakin mudah rusak barang yang dikirim maka packing produk tersebut tentu harus lebih baik dan aman agar produk tidak rusak dan bisa diterima dengan baik oleh pelanggan.

Bagaimana Manajemen Inventoris Toko Online?

Produk yang tiba-tiba habis tentu akan membuat Anda mengalami kesulitan dan juga membuat pelanggan pergi ke toko lain untuk membeli barang yang diinginkan. Itulah mengapa persediaan harus dihitung setiap hari di mana persediaan di toko online haruslah sesuai dengan di gudang. Dengan ini jika stok menipis atau sudah habis, penjual bisa segera melakukan re-stock dan pembeli juga bisa segera melakukan pembelian agar tidak kehabisan stok.

Detail Produk di Toko Online

Apabila berjualan online, tentu produk yang dijual haruslah memiliki detail yang lengkap sehingga pembeli bisa lebih memahami fungsi atau detail dari produk yang dijual. Informasi yang lengkap bisa membuat pembeli kemudian melakukan pembelian.

Apabila produk tidak memiliki detail yang lengkap, tentu pembeli akan merasa ragu untuk membeli barang tersebut dan kemudian mencari toko lain. Pesanlokal.com memberikan kemudahan kepada Anda yang ingin membuat toko online serta memanajemen produk termasuk detail yang lengkap.