08/03/2021

Inspirasi

Inspirasi

Tip untuk Mengelola Klien yang Terlambat Membayar Sebagai Pemilik Bisnis

optimasi tagihan klien seo

Arus kas bisnis menjadi lereng licin ketika Anda mendapatkan klien yang membayar terlambat. Klien yang terlambat membayar memiliki dampak signifikan pada arus kas Anda yang bahkan dapat membahayakan bisnis Anda.

Kunci sukses bisnis adalah mengetahui cara yang tepat untuk mengelola dan memaksimalkan arus kas Anda, termasuk pengumpulan pembayaran.

Berikut beberapa tip untuk membantu Anda menangani pelanggan yang terlambat membayar:

Pengingat Sebelumnya

Mengingatkan pelanggan Anda beberapa hari sebelumnya tentang pembayaran mereka adalah ide yang bagus. Pengingat sebelumnya mengingatkan pelanggan dan seringkali, mereka menghargai pengingat tersebut.

Mengikuti

Ketika datang untuk mengirim email atau pesan tindak lanjut untuk pembayaran yang terlambat, penting bagi Anda untuk segera melakukannya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengembangkan sistem untuk menghubungi klien Anda yang terlambat membayar. Anda dapat mulai dengan mengirim email sehari setelah tanggal jatuh tempo, kemudian menindaklanjuti melalui panggilan telepon keesokan harinya.

Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan perangkat lunak Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) untuk membantu Anda menangani komunikasi Anda dengan klien yang terlambat membayar dengan lebih baik. Konsistensi adalah kuncinya.

Bagaimana Mengoptimalkan Bisnis Layanan Anda

Dalam sebuah studi oleh Credit Solvers , strategi komunikasi yang konsisten 67% lebih mungkin untuk memulihkan kredit macet dibandingkan dengan mereka yang tidak berkomunikasi atau tidak memiliki sistem khusus untuk kerangka waktu tindak lanjut dan metode komunikasi yang meningkat.

Beri Tahu Seluruh Tim

Seluruh tim yang melakukan penanganan pembayaran dalam bisnis Anda harus waspada terhadap pembayar terlambat. Anda tidak ingin klien menerima telepon dari bisnis Anda setelah mereka melunasi pembayaran. Setiap orang harus tetap dalam lingkaran.

Seperti yang disebutkan, CRM akan membantu di saat seperti ini untuk memastikan bahwa semua data terpusat dan dapat diakses oleh anggota tim tertentu. Kami dalam melakukan penagihan invoice seo juga sering seperti itu

Tetap tenang

Pembayaran yang terlambat bisa menjadi sumber stres yang hebat, dan dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa kehilangan ketenangan. Alih-alih menyerang klien yang terlambat membayar, sangat penting bagi Anda untuk tetap tenang sebanyak mungkin. Sering kali, keterlambatan pembayaran terjadi karena kesalahpahaman atau miskomunikasi. Selalu bersikap sopan saat mengingatkan pelanggan tentang keterlambatan pembayaran.

Berkomunikasi melalui Telepon

Jika klien yang membayar terlambat belum membayar setelah pengingat pertama, tindak lanjuti lagi melalui telepon. Panggilan telepon lebih efektif daripada mengirim email. Email lebih mudah diabaikan, sementara panggilan telepon lebih sulit untuk diabaikan.

Ketahui Alasannya

Dorong klien yang membayar terlambat untuk jujur ‚Äč‚Äčkepada Anda. Tanyakan apakah ada masalah dengan layanan atau produk yang mereka terima, atau jika ada masalah keuangan yang menghalangi mereka untuk membayar. Mengetahui alasannya akan membantu Anda menganalisis apakah pelanggan benar-benar bersedia membayar atau tidak.

Cobalah untuk Bernegosiasi

Pada akhirnya, Anda masih perlu dibayar dan Anda tidak dapat memaksa pelanggan yang terlambat membayar untuk membayar terutama jika mereka tidak memiliki sarana. Cobalah untuk melihat apakah Anda dapat mencari solusi dengan klien Anda, seperti jadwal pembayaran bulanan.

Menangani klien yang membayar terlambat bisa jadi sulit dan pasti akan menguji kesabaran Anda. Namun, tetap gigih dan sopan setiap saat penting untuk bisnis apa pun saat ini. Ikuti tip yang tercantum di atas untuk membantu Anda menangani klien yang terlambat membayar dengan lebih baik.

Mudah-mudahan tips mudah ini membantu anda.