25/10/2020

Inspirasi

Inspirasi

Tekanan Di Saluran Air Melemah, Inilah Penyebab Dan Solusinya!

Pemasangan pipa Rucika yang tepat akan mendukung kelancaran saluran air. Sebaliknya jika keliru, tekanan air yang dihasilkan akan rendah. Hanya saja, belum banyak orang yang menyadari akan hal ini.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki saluran air yang kencang? Hampir setiap orang menginginkannya. Karena derasnya air yang mengucur dari saluran pipa membuat pekerjaan apapun semakin termudahkan.
Lalu, Apa Yang Menyebabkan Tekanan Air Melemah?
Bicara mengenai penyebab melemahnya saluran air ini tidak bisa dipisahkan dari pemasangan sekaligus pemilihan jenis pipa dan ukurannya. Meskipun begitu, tidak bisa dikesampingkan bahwa ada banyak sekali pemicu lainnya yang bisa menyebabkan kondisi tersebut.
Salah satu masalah yang bisa melemahkan tekanan air di saluran Pipa Rucika ialah terlalu besarnya ukuran pipa. Besarnya ukuran pipa ini membuat ruang pipa semakin besar. Kemudian bila sumber airnya cukup dekat dan kecil, sudah pasti airnya tidak memiliki tekanan yang kuat.
Contohnya ialah air yang dialirkan dari tandon air. Air yang berada di dalam tandon kecil dan jaraknya dekat membuat tekanan airnya semakin kecil. Bila dialirkan masuk ke bak mandi ataupun shower, sudah pasti airnya hanya akan mengalir dengan lemah.
Cara Memperbaikinya
Kebutuhan akan air bersih ini tak lain dimanfaatkan untuk keperluan mandi dan minum. Air bersih yang digunakan untuk shower harusnya lebih kencang. Dengan begitu, mandi akan semakin menyenangkan.
Ketika airnya melemah, cek terlebih dahulu pemicunya. Jika pemicunya berasal dari instalasi seperti pada gambaran di atas, maka solusinya jelas dengan memperbaiki instalasinya.
Caranya dengan mengganti tandon air menjadi lebih besar. Kemudian tempatkan di area yang cukup tinggi. Yang paling penting adalah lebih tinggi dari shower ataupun bak mandi.
Penempatan tandon di posisi lebih tinggi ini diharapkan agar airnya bisa meluncur deras melalui saluran air. Tapi pastikan juga agar saluran pipanya terhubung dengan sempurna. Yakni tidak kendor ataupun mengalami kebocoran pipa.
Kemudian yang tak kalah penting, gantilah ukuran pipanya. Pilihlah ukuran pipa yang lebih kecil agar volume airnya bisa memenuhi saluran. Dengan penuhnya air, tekanan air akan semakin kencang sehingga shower ataupun kran akan mengucurkan air dengan deras.
Mengenai ukuran pipa ini, Anda sangat mudah untuk menemukannya di berbagai penjual pipa. Terlebih jika memilih Pipa Rucika. Pipa ini sudah dibuat dengan berbagai ukuran, menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena ada spesifikasi yang secara tidak langsung menjelaskan tentang kesesuaian pipa ini dengan instalasi pipa yang Anda butuhkan.