Tilik Sejarah SEO dari Masa ke Masa di Bidang Informasi

Mayoritas masyarakat Indonesia, baik yang tidak punya pengetahuan sama sekali tentang search engine optimization sampai ahli. Masih buta terhadap sejarah seo.

Penyebabnya mungkin subjek tentang tentang SEO dan bahkan jasa SEO di era dulu tidak menarik dibahas. Mengingat sejarah sendiri adalah salah satu bidang studi paling dibenci oleh sekelompok masyarakat Indonesia berkat banyaknya perkara yang mesti diingat.

Padahal kalau kita ingin mempelajarinya lebih lanjut. Sama seperti bidang lainnya, dunia seo  hingga adanya master SEO punya sejarah cukup panjang, yang mana cukup menarik dibahas serta dikaji bersama – sama. Lantas bagaimanakah perjalanannya? Berikut ini adalah ringkasannya:

Sejarah SEO di Awal Tahun 1990 – 1996

Berbicara mengenai tahun pertama kali sejarah seo diperkenalkan atau terlahir, sebenarnya masih menjadi bahan perdebatan cukup hangat diantara para pakar. Ada yang berpendapat bahwa SEO ini bermula pada tahun 2001, saat istilah digital marketing digaungkan di Amerika Serikat. Ada pula yang mengatakan seo itu berasal atau berdiri di tahun 2004.

Namun menurut informasi dari berbagai sumber, diketahui bahwa mayoritas ahli sepakat sejarah seo sebenarnya dimulai saat mesin pencari itu diperkenalkan ke masyarakat, yaitu sekitar awal dekade tahun 90an.

Tidak bisa dipungkiri, pada era tersebut. Mesin pencari buatan manusia saat beragam jumlahnya Misalnya Yahoo tercipta tahun 1994 lewat tangan dua orang mahasiswa Universitas Stanford bernama Jerry Wang dan David Filo

Dua tahun setelahnya, masih dari universitas yang sama. Dua mahasiswa bernama Larry Page dan Sergey Brin menguji kualitas dari sistem yahoo. Kemudian menciptakan sebuah mesin pencari yang disusun berdasarkan relevansi, kepopuleritasan tautan masuk bernama backrub. Di mana nantinya dikenal sebagai Google.

Sayangnya karena sistem perangkat pada masa tersebut belum secanggih sekarang. Hampir semua perusahaan search engine saat itu mengandalkan penuh html serta site map suatu situs. Alhasil meski kamu buat artikel pendek, asalkan di dalamnya tertulis kata kunci berulang kali, maka artikel pun muncul pada halaman pertama.

Masa Awal Istilah Sejarah SEO Diperkenalkan

Seiring berjalannya waktu,  jumlah halaman web yang terdaftar atau terindeks pada mesin pencari tadi semakin membludak. Alhasil ada persaingan di antara semuanya supaya masuk ke pagerank pertama google. Meski tidak seketat periode sejarah seo berikutnya.

Sehingga pada tahun 1997, seorang digital marketing bernama David Suvillian mengeluarkan jurnal bernama A Webmaster’s Guide for Search Engine. Dalam publikasinya, dia berulangkali menyebutkan kata Search Engine Optimization, meski terkadang dipadupadankan dengan lain, yakni Search Engine Marketing Strategy ( SEMS ), Digital Marketing Strategy ( DMS ) dan sebagainya.’

Publikasi itu membuat David populer sehingga di tahun 1999, dia memutuskan keluar dari perusahaan sebelumnya dan fokus berprofesi sebagai SEO Master. Dia juga sejak tahun tersebut rutin menggelar konferensi tentang sejarah seo, maupun marketing yang mana diberhentikan pada tahun 2016.

Masih tahun 97, marak spam pesan yang dilakukan oleh para pelaku usaha kepada konsumen. Dasar dari terjadinya spam tersebut ialah algoritma mesin pencari baik google maupun yahoo masih sangat sederhana. Sehingga untuk mencegah spam, mereka memperbarui algoritma kemudian untuk memberikan kesempatan pada website supaya bercokol di peringkat pertama,

Revolusi Google

Sejarah seo beralih pada awal abad ke-21. Ketika itu pendiri Yahoo, Jerry Wang dan David Filo, karena sama – sama merupakan lulusan dari Universitas Stranford, mereka bekerjasama dengan Page dan Brin. Kerjasama tersebut ialah menampilkan halaman original yang telah diindeks backrub ke dalam platform mereka, asalkan memberikan keterangan dari mana hasil tampilan tersebut berasal.

Kerjasama yang mereka lakukan tersebut bagi yahoo sendiri menimbulkan penurunan perkembangan cukup signifikan. Sebaliknya berkat korporasi tersebut, google yang awalnya merupakan platform yang tidak dikenal sama sekali pengguna, mampu bertransformasi menjadi mesin paling diandalkan sebagian besar user internet.

Selain itu pula, tampilan yang sangat sederhana, waktu memuat data begitu singkat sehingga tidak membuat pengguna merasa bosan, dan desain logo tidak terlalu ribet. Menjadi faktor lain mengapa tahun 2000 merupakan tahun kegemilangan google sebagai mesin pencari.

Atas dorongan dari berbagai pihak, ditambah juga bantuan berupa dana dalam jumlah tertentu dari pihak perusahaan yang lain. Tahun 2000, Google.com resmi didaftarkan sebagai domain tersendiri dan terpisah dari Yahoo.

Awal Mula SEO Dipersulit

Setelah satu tahun berdiri, Google mengeluarkan program bernama Google Adsense. Program tersebut memungkinkan para pelaku usaha di bidang media memperoleh uang dari mereka, asalkan konten dikunjungi oleh ribuan orang dan punya kualitas sangat baik.

Program tersebut sukses memancing mereka yang sebelumnya pengguna yahoo, beralih ke Google. Sebagai akibat, maka di tahun yang sama, diperkirakan ada jutaan halaman web mendaftar ke mesin pencari google.

Ternyata tidak semua halaman web diterima pendaftarannya oleh perusahaan ciptaan Page dan Brin ini. Hanya mereka yang memenuhi standar minimal seperti konten berkualitas, disertai gambar jelas disetujui permintaannya oleh Google.

Kemudian karena ada jutaan halaman web yang periode tersebut masuk ke database google, membuat persaingan untuk muncul pada halaman pertama, mengingat dengan muncul di peringkat pertama dapat meningkatkan pendapatan sebesar mungkin, semakin meningkat dan ketat.

Alhasil para digital marketing, ditambah pula ahli di bidang teknologi, berbondong – bondong mencari cara untuk menaklukan algoritma mesin pencari tersebut. Setelah melakukan penelitian cukup lama, mereka pun menemukannya dan menuliskannya ke dalam suatu buku panduan. Buku panduan tersebut jadi cikal bakal materi tentang optimalisasi search engine yang berkembang saat ini.

Tidak hanya itu, mereka juga terkadang menggelar pelatihan atau seminar di berbagai kampus untuk mengedukasi masyarakat terutama mereka yang punya latar belakang pendidikan teknologi dan informatika.

Perkembangan SEM Awal

Seiring berkembangnya zaman, popularitas Google semakin meningkat. Ini membuat perusahaan perusahan dagang memasarkan produk mereka ke mesin pencari tersebut.

Alhasil untuk merespon sekaligus membantu para pelaku usaha agar produknya laris di pasaran, Google saat itu mengeluarkan program bernama Search Engine Marketing. Program ini disambut positif oleh semua orang dan masuk ke dalam sejarah seo.

Berbeda dengan seo, yang mana pengguna harus menggunakan teknik tertentu supaya tembus ke peringkat pertama. Para pengusaha yang memakai atau mengikuti program SEM tidak perlu susah – susah menyediakan strategi tepat untuk melakukan hal tersebut. Secara otomatis konten mereka masuk ke peringkat pertama, asalkan membayarkan sejumlah uang.

Perkembangan Sejarah SEO hingga Sekarang

Berbeda halnya dengan situasi di tahun 2004, yang mungkin persaingannya ‘tidak’ terlalu ketat. Karena google ini jadi mesin pencari paling populer dengan pengguna di seluruh dunia mencapai angka hingga ratusan ribu. Untuk tembus ke halaman pertama, butuh perjuangan besar.

Sehingga tidak mengherankan, sudah banyak literatur dan beragam teknik seo yang berkembang di zaman sekarang. Bahkan di Amerika Serikat sendiri, seo telah dimasukan sebagai salah satu mata kuliah fakultas pemasaran.

Begitulah sejarah seo dari masa ke masa. Memang seo ini layaknya sektor lain, mengalami proses cukup panjang supaya berkembang dan menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang mesti diketahui pengguna.