14/06/2021

Inspirasi

Inspirasi

Rekomendasi 4 Menu Olahan Lezat Bagi Lansia Yang Menyehatkan

Rekomendasi 4 Menu Olahan Lezat Bagi Lansia Yang Menyehatkan

Sering kali lansia menolak untuk diajak makan. Porsi makan lansia cenderung sedikit dan nafsu makannya mudah berubah. Perubahan hormonal, penurunan daya cerna dan juga adanya penurunan sensasi cita rasa pada mulut membuat nafsu makan lansia menjadi menurun. Terkadang lansia ingin mengonsumsi beragam makanan yang rasanya enak dan sangat menggiurkan. Namun, karena keterbatasan mereka tersebut akhirna lansia hanya mengonsumsi makanan seadanya saja.

Siapa bilang lansia tidak bisa makan – makanan enak? Ada kok beberapa makanan sehat untuk lansia yang yummy dan menggugah selera tanpa meninggalkan kesan sehat. Bila kalian memiliki lansia dirumah dan suka picky terhadap makanan, mungkin kalian bisa memberikan menu makanan sehat untuk lansia ini untuk mendukung nafsu makannya :

  1. Sup labu

Salah satu jenis makanan sehat untuk lansia dan masih yummy untuk dikonsumsi adalah sup labu. Sup labu menggunakan jenis labu butternut pumpkin, labu kaboca atau labu parang dalam pembuatannya. Jenis labu ini cenderung manis sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sup.

Sup labu sendiri bisa menjadi sumber vitamin bagi lansia karena mampu menurunkan tekanan darah dan juga memberikan penglihatan yang baik. Cara mengolahnya pun mudah yakni hanya menumis bawang merah, putih dan Bombay serta beberapa bahan tambahan seperti wortel, kentang, seledri dan labu hingga wangi lalu dimasukkan kaldu ayam. Masak hingga mendidih, kemudian dinginkan untuk bisa dengan mudah diblender.

  1. Salad sayur

Siapa yang tidak suka salad? Bagi beberapa masyarakat yang menerapkan pola diet, menu makanan ini sering dikonsumsi sebagai menu makanan harian. Salad sayur mudah dibuat karena menggunakan fresh product dan hanya mencampurkannya dengan saus salad. Kalian bisa menambahkan dada ayam panggang ke dalam menu makanan ini.

Makanan sehat untuk lansia ini biasanya berisi ayam panggang, selada romaine, tomat ceri, alpukat, daun ketumbar, timun jepang, kubis ungu dan bahkan almond panggang. Untuk dressingnya sendiri kamu bisa menggunakan minyak zaitun, cuka apel, madu, garam, bawang putih dan lada hitam sebagai dressing.

  1. Pie buah

Lansia cenderung menyukai makanan manis sama seperti anak – anak. Ternyata ada makanan sehat untuk lansia yang aman dikonsumsi meskipun rasanya manis. Kalian bisa mencoba pie buah sebagai menu camilan atau sampingan lansia. Cara membuatnya pun mudah dimana kamu bisa menggunakan crust pie lalu diisikan dengan saus dari kuning telur, susu cair, sedikit gula dan maizena. Kalian bisa menggunakan buah – buahan rendah gula seperti strawberry, jeruk hingga kiwi untuk menu makanan ini.

  1. Yogurt parfait

Yogurt merupakan makanan yang baik untuk lansia. Sistem pencernaan lansia cenderung lambat dan membutuhkan yogurt yang kaya bakteri untuk bisa melancarkan sistem cernanya. Nah, makanan sehat untuk lansia ini terbuat dari campuran yogurt dan granola. Dimana kedua makanan ini baik dikonsumsi lansia dan rasanya yummy.