29/11/2020

Inspirasi

Inspirasi

Ragam Cara Melatih Bayi Berjalan Dengan Baik Dan Benar

Ragam Cara Melatih Bayi Berjalan Dengan Baik Dan Benar

Perkembangan bayi merupakan salah satu kegiatan pesat yang terjadi pada bayi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan normal terjadi pada bayi. Ketika perkembangan bayi menjadi tidak optimal dan terhambat, ada baiknya mengkonsultasikan kepada dokter. Pada perkembangannya bayi akan tengkurap, merangkak, duduk, berdiri, berjalan hingga berlari layaknya orang dewasa. Tentunya pemberian nutrisi yang penting mendukung berbagai kegiatan tersebut.

Salah satu perkembangan anak yang paling membahagiakan adalah melihat anak dapat berjalan. Usia umum anak dapat berjalan sendiri adalah 10 hingga 12 bulan. Pada usia ini, anak akan mulai berdiri tegak. Selanjutnya anak akan berlatih berjalan mandiri secara perlahan. Namun terkadang, beberapa anak mengalami kendala selama masa tersebut sehingga diperlukan beberapa stimulasi untuk membuat mereka dapat berjalan.

Cara melatih bayi berjalan yang pertama adalah mengurangi waktu anda menggendong anak anda. Tidak disangkal menggendong anak merupakan sebuah bentuk kasih sayang dan juga terkadang dilakukan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Namun, ternyata menggendong anak terlalu sering akan menimbulkan anak malas bergerak. Anak akan menjadi bergantung untuk digendong dengan orang tua mereka. Sehingga mengurangi waktu menggendong anak dan banyak membiarkan anak bermain sesuka hatinya dapat menjadi stimulasi anak bergerak.

Cara melatih bayi berjalan dengan memberikan ruang bergerak aktif merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan. Dimana bayi akan melakukan eksplorasi dunia mereka sendiri. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi stimulasi alami bayi untuk melakukan kegiatan berpindah tempat. Sehingga memberikan ruang bergerak bayi menjadi salah satu cara untuk menstimulasi pergerakan bayi.

Cara melatih bayi berjalan lainnya yang dapat digunakan adalah dengan meletakkan beberapa mainan anak pada posisi tinggi. Kegiatan ini akan menjadi trigger anak untuk berdiri dan berusaha menggapainya. Hal tersebut menjadi salah satu kegiatan yang dapat menstimulasi anak untuk bergerak. Bayi akan berusaha untuk mengambil barang mereka pada posisi tersebut. Selain itu, pada posisi tersebut bayi juga akan menjadi berkeinginan untuk bergerak.

Memberikan mainan yang dapat didorong merupakan cara melatih bayi berjalan. Dimana dengan menggunakan mainan mereka dengan cara didorong, bayi akan memiliki kesempatan untuk berjalan. Bayi juga akan melatih otot gerak mereka untuk berjalan meskipun berpegangan dengan mainan tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kepercayaan diri kepada bayi untuk berjalan. Sehingga bayi akan memiliki keinginan untuk berjalan dalam melakukan eksplorasi.

Cara melatih bayi berjalan yang terakhir adalah tidak memberikan mereka alas kaki selama belajar berjalan. Alas kaki akan mempersempit ruang gerak bayi. Selain itu, alas kaki akan memberatkan langkah bayi dalam menjelajah. Sehingga tidak memberikan alas kaki selama belajar berjalan merupakan pilihan baik.