Piala Menpora Tanpa Tim Liga 2, Peserta Jadi 18 Klub

Berita Liga 1 Indonesia: Klub peserta untuk turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dipastikan menyusut jadi 18 klub dari rencana awal 20. Hal itu imbas dari tidak disertakannya tim dari Liga 2 Indonesia pada turnamen pramusim kali ini.

Direktur Operasional PT. LIB, Sudjarno meyakinkan bahwa klub dari persaingan kasta kedua tanah air itu tidak akan ikut ambil anggota pada Piala Menpora 2021 ini. Rencana awal yang pada mulanya disusun, dua tim Liga 2 yang akan ikut ambil anggota pada turnamen pramusim itu adalah Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

“Kami sudah rapat bersama PSSI dan peserta persaingan pramusim ini adalah dari tim Liga 1,” jelasnya seperti dilansir laman Antara.

 

Dengan tidak disertakannya klub dari persaingan kasta kedua, Sudjarno mengungkap bahwa pihaknya akan menyiapkan turnamen pramusim kusus untuk klub-klub Liga 2.

“PSSI dan LIB sedang menggodok turnamen pramusim Liga 2 itu. Untuk izinnya, sebenarnya harus ada izin sendiri, tidak bisa kenakan izin keramaian Piala Menpora 2021,” lanjut Sudjarno, Seperti dilansir ultrasindo.

Untu Piala Menpora, pihak operator akan membaginya ke dalam empat group yang akan dilangsungkan di empat lokasi pertandingan berbeda. Daerah yang sudah ditetapkan sebagai tuan tempat tinggal adalah Solo, Bandung, Sleman, dan Malang. Sementara Palembang disipakan sebagai lokasi cadangan.

 

Sesuai bersama izin keramaian yang dikeluarkan Polri, turnamen pramusim kali ini akan dilaksanakan tanpa pemirsa dan dilaksanakan bersama protokol kesehatan (prokes) kesehatan. Hal itu tidak lepas dari pandemi Covid-19 yang hingga sejauh ini belum berakhir.

Turnamen pramusim ini juga akan jadi ajang pemanasan bagi klub jelang menghadapi persaingan formal Liga 1 2021 yang izinnya akan ditentukan oleh penerapan prokes di turnamen pramusim kali itu.