28/01/2021

Inspirasi

Inspirasi

Pelayanan Kampus Katolik dan Pelanggaran Batas

10 Kampus Jurusan Desain Terbaik di Dunia

kampus upp -Pelayanan kampus katolik adalah pelayanan agama kepada mahasiswa. Di perguruan tinggi Katolik … seperti di tempat lain … pelayanan kampus berlangsung dengan kelompok usia (18-22) yang berada pada puncak seksualnya.

Jika pendeta kampus Katolik itu sendiri tidak cukup dewasa secara sosial dan psikoseksual … peluang untuk pelanggaran batas dengan populasi ini sangat luas. Dan salah satu masalahnya adalah mahasiswanya bukan anak di bawah umur … jadi biasanya tidak ada pelanggaran perdata yang terjadi ketika menteri kampus melewati batas secara tidak tepat.

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pelanggaran dalam pelayanan kampus katolik adalah informalitas kehidupan kampus itu sendiri. Pelayanan kampus kepada mahasiswa mungkin lemah dalam hubungan mereka dengan mahasiswa … lebih banyak teman daripada pendeta. Dan banyak menteri pemuda dan kampus berpikir bahwa berteman dengan mereka yang bertanggung jawab adalah kunci pengaruh pelayanan.

Pelayanan dapat didefinisikan sebagai

Kegiatan keagamaan … yang mendekatkan pendeta dan orang-orang kepada Tuhan

Dan Yesus mendefinisikannya seperti itu ketika dia berkata …

“Marilah kita pergi ke desa-desa terdekat agar saya dapat mengabar di sana. Untuk tujuan inilah saya datang (Mrk 2:38).

Jika tujuan khusus dari pelayanan adalah untuk mempengaruhi melalui aktivitas keagamaan … maka pelayanan tidak sesuai dengan kesetaraan, sifat umum dan keintiman yang luas dari persahabatan.

Adalah tugas seorang teman untuk menjadi seorang teman … dalam segala hal. Merupakan tugas pendeta untuk mendekatkan dirinya dan orang-orang kepada Tuhan … melalui aktivitas keagamaan. Menteri kemudian harus menemukan teman-temannya dalam kelompok sebaya yang berada di luar kelompok yang mereka layani.

Teman-teman Yesus adalah sekelompok orang yang sangat terpilih. Dan dia bertindak sangat berbeda dengan mereka daripada yang dia lakukan dengan mereka yang dia layani.

Untuk melihat apa yang dapat terjadi ketika seorang pendeta memperluas batasan dan menjadi teman bagi mereka yang berada dalam perawatan spiritualnya, klik tautan di bawah ini.

Thomas Drummond, Ph.D. dilatih dalam klinis, perkembangan dan neuropsikologi. Dia telah bekerja dengan masalah pendeta dan religius gereja katolik selama lebih dari 20 tahun. Solusi untuk sebagian besar masalah mereka bukanlah diagnosis … tetapi definisi batas agama yang tepat dalam hubungan mereka dengan orang. Sebagai contoh tentang apa yang dapat terjadi ketika seorang pendeta kampus berteman dengan orang-orang dalam kunjungan perawatan spiritualnya