14/05/2021

Inspirasi

Inspirasi

Keunggulan SMK dan Peranannya Untuk Masa Depan Kamu

Mau bisa terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus sekolah, bisakah? Tentu saja bisa. Kamu bisa pilih SMK yang memfokuskan pada bidang pekerjaan pada setiap jurusannya. SMK juga punya keunggulan lainnya dibandingkan sekolah sederajat lainnya. Mau tahu  apa saja, baca dibawah ini!

Keunggulan SMK 

SMK punya beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan di sekolah – sekolah sederajat lainnya, yaitu:

  • Lebih Banyak Praktek Daripada Teori

Di SMK kamu akan mempelajari banyak praktek daripada teori. Hal ini karena sekolah SMK memang fokus untuk melatih dan dan mendidik siswanya untuk terjun langsung pada pekerjaan atau dunia usaha pada lulus nanti.

  • Menguasai Keahlian pada Jurusan yang Diambil

Bila kamu berminat dan bakat pada satu bidang pekerjaan, kamu bisa pilih jurusannya di SMK. Nantinya pada jurusan tersebut kamu hanya akan mempelajari pelajaran-pelajaran yang terkait dengan pekerjaan yang kamu minati.

pusat ilmu pengetahuan

Jadi, intinya SMK itu fokus mempelajari pada satu bidang saja sesuai jurusannya, dan ini akan membuat siswa menguasai dan ahli pada bidang tersebut.

  • Dibekali Dengan Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Bukan hanya praktek – praktek pekerjaan di sekolah saja, di SMK juga kamu akan dibekali magang yaitu semacam latihan kerja dengan terjun langsung pada perusahaan-perusahaan.

  • Siap Kerja Setelah Lulus

Karena kamu telah dibekali dengan kegiatan magang sebelum lulus, maka setelah lulus nanti kamu pun sudah punya pengalaman di dunia kerja. Kamu pun bisa terjun langsung ke dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus.

  • Peluang Buka Usaha Lebih Mudah

Bukan hanya siap kerja pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Kamu juga punya peluang buka usaha sendiri dengan mudah. Seperti bila kamu ambil jurusan tata boga, kamu bisa buka usaha kuliner dengan aneka masakan yang telah kamu pelajari di SMK.

Jika kamu ambil jurusan tata busana kamu bisa buka usaha jahit di rumah dengan bekal pelajaran menjahit, mendesain, dan  membuat busana dengan aneka model.