01/12/2020

Inspirasi

Inspirasi

Kelebihan Komsumsi Buah Nanas? Ini Dampaknya!

Buah Nanas termasuk salah satu jenis buah yang mengandung air cukup tinggi dan memiliki rasa manis nan lezat. Buah ini memiliki ciri fisik yang cukup mudah dikenali yakni kulitnya yang bersisik dan disertai dengan duri-duri kecil. Nanas juga memiliki bau khas menyengat yang cukup mudah dikenali sehingga buah ini sangat populer di masyarakat, selain memiliki se-gudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh namun apabila buah nanas dikonsumsi terlalu banyak tentu akan menimbulkan efek negatif yang cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh terutama bagi ibu yang sedang hamil.

Kandungan yang terdapat dalam buah nanas memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dalam buah ini banyak menyediakan kandungan yang dibutuhkan oleh sistem tubuh kita seperti vitamin, mineral, juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dan menciptakan sumber enzim yang bersifat membantu dalam melancarkan pencernaan, selain itu juga mampu meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, serta membantu memecah protein hewani dalam tubuh.

baca juga :(COVID-19)

Nah, ternyata banyak sekali manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita, namun demikian apabila dalam mengkonsumsi buah ini melebihi batas kewajaran atau kebanyakan tentu akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Apa saja efek negatif akibat terlalu banyak makan buah nanas bagi kesehatan tubuh kita ? Berikut ini berbagai efek negatif apabila terlalu banyak makan buah nanas bagi kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Memicu Rematik
Nanas, jika kita dikonsumsi secara berlebihan akan memicu timbulnya rematik, hal ini disebabkan fermentasi buah nanas dalam tubuh yang menjadi alkohol di dalam saluran pencernaan kita. Sehingga dengan banyaknya alkohol dalam pencernaan tersebut memicu timbulnya penyakit rematik.

2. Menggugurkan Kandungan
Nanas yang sudah matang memang banyak manfaatnya bagi kesehatan, akan tetapi nanas yang masih muda dapat berdampak buruk bagi wanita hamil. Karena nanas yang masih muda tersebut mengandung suatu zat yang disebut abortivum yang bisa berakibat buruk karena bisa menggugurkan janin. Dengan demikian bagi wanita yang sedang hamil muda tidak disarankan makan nanas muda selama masa kehamilan.

{3|three}. Meningkatkan Sel Gula Darah
Buah ini jika di konsumsi berlebihan dapat berakibat {fatal|deadly} yakni meningkatnya sel gula dalam darah secara drastis. Jumlah sel gula darah yang tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, sehingga bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes dilarang mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan.

{4|four}. Memicu Alergi atau gatal-gatal
Mengkonsumsi buah nanas berlebihan bisa mengakibatkan alergi gatal-gatal pada mulut. Apabila mengalami gatal-gatal pada mulut setelah makan buah nanas, bisa dicoba untuk berkumur dengan air garam hangat agar gatal-gatal pada mulut segera sembuh. Namun bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap buah ini sebaiknya dihindari saja.

5. Memicu Sakit Kepala
Sebagaimana buah durian, apabila dalam mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan juga akan berdampak buruk pada kesehatan. Buah nanas bisa memicu sakit kepala yang luar biasa karena kandungan alkohol dalam buah tersebut yang mengakibatkan kepala menjadi pusing.

6. Overdosis vitamin C
Terlalu banyak memakan buah nanas bisa membuat overdosis vitamin C dalam tubuh, jika kadar vitamin C dalam tubuh berlebihan maka bisa memicu sakit perut, mual, diare, pusing dan lain sebagainya.

7. Menaikan Asam Lambung
Mengkonsumsi buah nanas dapat membuat asam lambung naik. Hal ini bisa terjadi apabila saat memakan buah nanas kondisi perut sedang kosong. Untuk menghindari efek negatif makan buah nanas pada asam lambung maka sebaiknya jangan makan nanas apabila perut dalam kondisi masih kosong.

Demikian efek negatif terlalu banyak makan buah nanas bagi kesehatan tubuh kita, mudah-mudahan dengan informasi ini menjadikan kita lebih waspada dan selalu tetap menjaga keseimbangan dalam mengkonsumsi berbagai makanan seperti buah nanas ini agar kita bisa mengambil manfaat dan terjauhkan dari berbagai efek negatif jika terlalu berlebih dalam mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat !

baca juga :badan lemas tiba2