01/12/2020

Inspirasi

Inspirasi

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jenis Makanan Kucing

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jenis Makanan Kucing

Hingga saat ini sudah terdapat banyak jenis makanan kucing yang bervariasi untuk kucing kesayangan anda. Sisanya hanya perlu memilih makanan yang tepat dan disukai kucing kesayangan anda. Tentu saja pemilihan makanan haruslah yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan juga berkualitas. Tentunya sebelum memilih makanan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Jenis Makanan Kucing Berdasarkan Usia dan Kebutuhan

Sebelum membeli makanan kucing, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu usia dan juga kebutuhan kucing. Maka dari itu setiap kucing membutuhkan porsi makanan yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan usia, berat badan, dan juga aktivitas kucing. Terdapat rumus untuk perhitungan yang akan memudahkan anda yaitu :

Berat badan x kalori (sesuai usia) = jumlah kebutuhan asupan kalori per hari.

Contoh kalori sesuai usia adalah 70 kcal untuk kucing dewasa yang jarang beraktivitas, 80 kcal untuk kucing dewasa yang sangat aktif, dan 200 kcal untuk anak kucing.

Jumlah kebutuhan asupan per hari akan didapatkan dari nilai hasil perhitungan rumus di atas yang merupakan kalori makanan kucing per 100 gram. Misalnya, kucing dewasa aktif memiliki berat badan 2.5 kg dan makan makanan yang berkalori 80 kcal / 100 gram. Apabila dihitung dengan rumus akan menjadi:

2.5 (kg) x 80 (kcal) = 200 kcal.

Bahan Makanan Pada Jenis Makanan Kucing yang Harus Dihindari

Sebagai pemilik kucing tentu harus mengetahui makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi kucing karena dianggap beracun. Beberapa yang tidak boleh diberikan ke kucing seperti coklat, bawang bombay, anggur, alpukat, kacang macadamia, xylitol karena dapat mengancam nyawa. Bukan hanya dalam bentuk asli namun juga dalam bentuk ekstrak sebaiknya tidak diberikan kepada kucing.

Bukan hanya itu saja, makanan lainnya seperti gurita, cumi-cumi, ikan mentah, daging babi mentah, cangkang, telur mentah, dan kafein juga tidak diperbolehkan. Bukan hanya untuk kucing namun anjing juga sebaiknya menghindari makanan ini. Pahami juga apakah kucing anda memiliki alergi terhadap suatu makanan tertentu yang sebaiknya dihindari.

Jangan Berikan Makanan Anjing Kepada Kucing

Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi yaitu memberikan makanan anjing kepada kucing dan paling sering dilakukan oleh pemilik kucing dan anjing. Kucing merupakan hewan karnivora dan anjing merupakan hewan omnivora. Nutrisi yang dibutuhkan kedua hewan tersebut hampir mirip namun tetap berbeda.

Apabila sudah terlanjur, maka tidak masalah jika hanya sedikit. Namun jika diberikan secara terus menerus maka akan berdampak buruk bagi kucing. Kucing akan mengalami masalah kandung kemih karena kandungan kalsium pada makanan anjing dan mengalami kebutaan karena kekurangan taurine. Pilihlah jenis makanan kucing yang memang khusus kucing dari Pro Plan yang tersedia untuk anak kucing hingga kucing lansia.