25/10/2020

Inspirasi

Inspirasi

Cara Pencegahan Penyakit Jantung Koroner yang Cukup Efektif

Cara Pencegahan Penyakit Jantung Koroner yang Cukup Efektif

Jantung adalah organ yang paling vital di dalam tubuh. Fungsi jantung yang untuk memompa darah ke seluruh tubuh tentu akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung terutama penerapan cara pencegahan penyakit jantung koroner menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Perlu diketahui bahwa jantung koroner adalah salah satu jenis gangguan jantung yang paling sering terjadi. Seseorang yang menderita gangguan jantung ini tentu akan mengalami keterbatasan dalam beraktivitas. Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik, gangguan jantung ini bisa menyebabkan kematian.

Lalu, apa saja cara pencegahan yang bisa dilakukan agar gangguan jantung koroner tidak menghantui?

Ragam Cara Mencegah Gangguan Jantung Koroner yang Efektif

Ada cukup banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mencegah gangguan jantung koroner yang mengancam. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga pola makan sehat

Kesehatan tubuh, termasuk kesehatan jantung, akan sangat dipengaruhi oleh pola makan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karenanya, menjaga pola makan yang sehat adalah kunci dan faktor utama yang harus dilakukan.

Untuk mencegah gangguan jantung koroner, mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti gandum, buah, sayur, dan lainnya adalah pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa bahan makanan yang cenderung memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi serta berlemak.

  • Tidak merokok

Jika Anda masih merokok, maka sudah saatnya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok disinyalir sebagai salah satu penyebab munculnya gangguan jantung koroner. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam rokok akan mengikat darah sehingga aliran darah menuju ke jantung akan cenderung terhambat.

Juga, asap rokok yang masuk ke dalam aliran darah akan mengurangi jumlah oksigen. Hal ini nantinya akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan tidak stabil.

  • Olahraga secara teratur

Secara umum, olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, termasuk mencegah terjadinya gangguan jantung koroner. Perlu diketahui, olahraga teratur yang dilakukan akan melancarkan aliran darah di dalam tubuh yang nantinya berefek pada kesehatan jantung yang lebih terjaga.

Hanya saja, Anda juga harus bijak dalam memilih olahraga yang hendak dilakukan. Pilihlah olahraga yang cenderung mudah untuk dilakukan secara konsisten. Selain itu, sesuaikan jenis olahraga dengan kemampuan fisik.

  • Menjaga pola tidur

Usaha lain yang bisa dilakukan untuk mencegah jantung koroner adalah menjaga pola tidur. Tidur merupakan istirahat paling baik yang akan mengembalikan kondisi tubuh. Guna mencegah gangguan jantung koroner, Anda sebaiknya tidur minimal 7 jam setiap hari.

Nah, beberapa poin di atas adalah cara pencegahan penyakit jantung koroner yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Tentu, terapkan cara-cara pencegahan di atas dengan konsisten dan teratur untuk manfaat yang maksimal.