28/01/2021

Inspirasi

Inspirasi

BUKA AKSES PASAR DIGITAL UMKM, PEMERINTAH INGIN PERAN BUMN

BUKA AKSES PASAR DIGITAL UMKM, PEMERINTAH INGIN PERAN BUMN

Pelaku UMKM pasti menginginkan usahanya berkembang pesat dari hari ke hari, bulan ke bulan bahkan hingga tahun ke tahun. Tetapi memang terkadang, pelaku UMKM masih terkendala dengan beberapa persoalan yang menyulitkan mereka. Semisal perurusan administrasi yang berbelit-belit. Sulitnya mendapatkan pembiayaan modal dari lembaga keuangan bank maupun non-bank.

Padahal UMKM sendiri memegang peranan paling penting dalam roda perekonomian Indonesia. Mereka yang berhasil menggerakan roda ekonomi hingga ke tingkat terkecil. Oleh karena itu sangat wajar jika UMKM disebut-sebut pilar paling penting dalam ekonomi kerakyatan.

Bagaimana tidak? UMKM selalu beraktivitas sendiri setiap hari tanpa henti-hentinya. Aktivitas di pasar didominasi oleh UMKM, warung kelontong juga UMKM, warung makan juga didominasi oleh UMKM. Fashion store dimana-mana juga masih berada dalam kategori UMKM.

Di satu sisi, BUMN sendiri juga telah memberikan keuntungan besar bagi Indonesia. Selama ini, sebagian dari mereka telah berhasil mengakomodir berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia walaupun harus melalui kritikan serta sorotan yang tajam. BUMN pantas mendapatkan apresiasi karena masih berhasil menjalankan tugasnya dengan cukup baik.

Lalu di tahun 2020 ini, pemerintah menciptakan sebuah ekosistem yang menimbulkan sinergi antara UMKM dan BUMN. Ekosistem digital ini diberi nama Pasar Digital UMKM. Pasar Digital UMKM menjadi tempat pengadaan barang dan jasa BUMN kepada UMKM.

Diharapkan UMKM dapat memberikan produk barang dan jasa yang berkualitas agar dapat mendukung kinerja BUMN. BUMN sendiri juga diharapkan dapat memberikan anggaran belanja barang dan jasa BUMN yang pantas agar dapat meningkatkan produktivitas UMKM di seluruh Indonesia.

Banyak sekali keuntungan yang diberikan BUMN dengan hadirnya PaDi UMKM. Berikut adalah keuntungan yang diperoleh oleh BUMN:

  1. Penggunaan biaya pembelanjaan dari masing-masing BUMN menjadi lebih terperinci dan lebih aman karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online dan seluruh pembiayaan dilakukan dengan non-tunai.
  2. PaDi UMKM juga memudahkan dan mempercepat proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN karena tidak perlu dilakukan dengan cara bertatap muka.

Untuk melakukan proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN, BUMN juga harus paham proses berikut ini:

  1. Pembelian dapat dilakukan oleh BUMN manapun setelah mereka sudah memiliki akun di PaDi UMKM
  2. Setiap BUMN yang akan melakukan transaksi harus memiliki Akun Manager dan Akun Staff di PaDi UMKM B2B. Akun Staff digunakan oleh PIC untuk menemukan barang yang dibutukan di PaDi UMKM. Sedangkan Akun Manager digunakan untuk melakukan penyetujuan atau penolakan terhadap pesanan yang dilakukan oleh Akun Staff.
  3. Jika Akun Manager telah menyetujui orderan yang dilakukan oleh Akun Staff, maka pesanan secara otomatis dilanjutkan kepada penjual yang notabene adalah UMKM. Jika Akun Manager menolak untuk melakukan orderan, maka orderan dibatalkan. Selain itu, Akun Manager juga bisa merevisi orderan yang sudah dilakukan oleh Akun Staff.
  4. Pembayaran di PaDi UMKM bisa dilakukan dengan metode TOP (Term of Payment) atau pembayaran tempo.
  5. Logistik saat ini masih dilakukan melalui JNE dan juga kurir pribadi

Bagi pelaku UMKM yang sudah pernah bertransaksi/menjadi suppiler pembelanjaan barang dan jasa dengan BUMN, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, seperti:

  1. Berpotensi mendapatkan transaksi dari BUMN dalam skala yang besar
  2. Berpotensi mendapatkan pinjaman dengan hanya mengajukan invoice
  3. Produk dapat dilihat oleh calon pembeli BUMN se-Indonesia