Bagaimanakah Bacaan Doa Sholat Dhuha? Yuk Kita Cari Tahu

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Dhuha

Bacaan doa sholat dhuha tentunya bukan hal asing bagi mereka yang rajin mengerjakan sholat sunnah dhuha. Ya sholat dhuha bisa kita kerjakan minimalnya 2 rakaat, dan maksimalnya tidak terbatas. Adapun mengenai waktu yang tepat dalam menunaikan sholat dhuha, yakni sekitar jam 08.00 pagi hingga jam 11.00 siang.

Namun, waktu yang paling afdhol dalam menunaikan sholat dhuha adalah jam 11.00 siang. Bukan hanya itu, sholat dhuha juga disunnahkan untuk dilakukan seorang diri dan tidak berjamaah. Lantas, seperti apakah bacaan doa sholat dhuha? Nah biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Artinya

Allahumma Innadhdhuha-a Dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahumma inkaana rizqii fissamma-I fa anzihu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-MU, penjagaan adalah penjgaan-Mu”

”Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah. Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datankanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Diampuni Segala Dosa

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa manusia itu tidak bisa luput dari dosa, kecuali para Nabi dan Rasul. Namun ketahuilah, bahwa Allah SWT memiliki sifat yang Maha Pengampun. Sebesar apapun dosa yang kita perbuat, apabila kita mau bertaubat dan tidak mengulanginya lagi, maka dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

Hal itu pun sudah disebutkan dalam sebuah hadits riwayat HR. At Tirmidzi yang berbunyi : “Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan“.

  1. Terhindar Dari Sifat Lalai

Saat kita melakukan kesalahan, tentu saja kita wajib bertaubat kepada Allah SWT. Agar taubat kita diterima oleh Allah SWT, maka kita bisa menunaikan sholat dhuha. Selain itu, menunaikan sholat dhuha juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang telah terhindar dari sifat lalai.

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya” (HR. At-Tharbani).

  1. Akan Dibuatkan Rumah di Surga

Sebagai hamba Allah SWT, tentu saja setiap muslim pasti ingin mendapatkan pahal agar bisa memasuki surga-Nya. Itu sebabnya, banyak dari mereka yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin.

Dalam sebuah hadits shahih al-Jami’ no. 634 menyebutkan bahwa orang-orang yang rajin menunaikan sholat dhuha akan dibuatkan sebuah rumah di surga.

“Barang siapa yang salat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga”.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keutamaan dari sholat dhuha.