28/01/2021

Inspirasi

Inspirasi

3 Cara masak ayam yang mudah

Gak Melulu Ayam, Resep Tuna Teriyaki yang Lezat dan Tak Biasa

Makanan berbahan dasar daging ayam merupakan salah satu makanan favorit dari banyak orang. Selain mudah ditemukan, daging ayam juga termasuk ke dalam bahan masakan yang mudah diolah. Berikut adalah beberapa cara masak ayam yang mudah yang bisa menjadi pilihan kamu saat memasak di rumah.

  1. Ayam teriyaki

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat ayam teriyaki adalah 300 gram daging ayam yang dipotong-potong, 1 buah jeruk nipis, 1 buah brokoli, potong-potong. Bumbunya kamu butuh 2 siung bawang putih cincang, 1/2 sdt merica bubuk, garam dan gula secukupnya, 1/2 siung bawang Bombay, 2 sdm saus tiram, 2 sdm saus teriyaki, 1 sdm tepung maizena.

Cara memasaknya pertama kamu campur air jeruk nipis dan ayam, diamkan 15 menit, bilas bersih dan sisihkan. Lalu rebus brokoli setengah matang. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Kemudian masukkan ayam dan tumis hingga berubah warna. Tuang saus tiram, saus teriyaki, dan beri merica bubuk. Lalu aduk rata dan masukkan brokoli. Tuang tepung maizena yang sudah dicampur air secukupnya. Aduk rata hingga mengental. Beri gula dan garam secukupnya. Sajikan.

  1. Ayam goreng mentega

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat ayam goreng mentega adalah 4 siung bawang putih, 1 kg ayam yang sudah dipotong sesuai selera, 3 cm kunyit halus, kaldu ayam bubuk, ketumbar bubuk, garam. Untuk bumbu saus mentega kamu butuh mentega, 4 sdm kecap manis, 1 sdm saus tiram, 1 sdt tepung maizena yang dilarutkan ke 1 sdm air, 4 siung bawang putih yang dicincang halus, 1 batang daun bawang yang dicincang kasar, 1 buah bawang bombay yang diiiris tipis, 1 sdm kecap asin, merica bubuk, garam, 2 buah cabai merah besar yang sudah dibuang isinya dan diiris serong, dan 150 ml air.

Cara memasak ayam goreng mentega ini adalah pertama rebus ayam bersama bumbu sampai matang, tunggu sampai mengental. Lalu goreng ayam sampai matang, dan tiriskan. Kemudian buat saus mentega yakni lelehkan mentega 2 sdm, tumis bawang putih dan bawang Bombay, tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, merica bubuk, tepung maizena, garam, daun bawang, dan cabai merah. Lalu aduk rata, tuang air, aduk lagi dan masak hingga mendidih. Terakhir masukkan ayam goreng, dan aduk rata.

  1. Ayam serundeng

Bahan yang kamu butuhkan adalah 1 kg daging ayam, potong jadi 10 bagian, 1 lembar daun salam, 1 cm lengkuas, 1 batang serai geprek, 2 lembar daun jeruk, kelapa parut dari satu buah kelapa. Untuk bumbunya kamu siapkan 6 siung bawang putih, 1 ruas kunyit, 3 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 1 ruas jahe, 2 sdt ketumbar, 1 sdt gula jawa, 1 sdt garam, 500 ml air, dan penyedap masakan secukupnya

Cara memasak ayam serundeng ini yang pertama cuci bersih ayam lalu rebus hingga matang dan tiriskan, tumis bumbu halus, masukkan batang serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, kemudian aduk rata. Tuang air masak sampai mendidih. Lalu masukkan daging ayam lalu ungkep bersama bumbu hingga air menyusut, masukkan parutan kelapa, masak hingga air asat, kemudian kamu angkat. Terakhir goreng ayam dengan serundeng sampai matang dan berwarna kecokelatan. Lalu ayam serundeng pun siap disajikan.