25/10/2020

Inspirasi

Inspirasi

Manfaat DHA Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat DHA Untuk Ibu Hamil dan Janin

Selama masa kehamilan, ibu tentu harus memperhatikan asupan nutrisinya agar si kecil dapat tumbuh dan lahir menjadi anak yang sehat dan kuat. Salah satunya yaitu DHA. DHA bukan hanya dapat dikonsumsi oleh si kecil namun juga oleh ibu hamil untuk mendapatkan manfaat DHA bagi si kecil yang masih dalam kandungan.

DHA (Docosa Hexaenoic Acid) merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk mendukung perkembangan saraf, otak janin, dan juga menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. DHA juga dapat memudahkan sel saraf dalam mengirim dan menerima sinyal rangsangan. Peran DHA yang sangat vital ini membuat DHA dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Dha Untuk Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan sebuah komplikasi yang dialami oleh ibu hamil dan ditandai dengan tekanan darah tinggi, gangguan penglihatan, bengkak-bengkak, gangguan fungsi organ seperti hati dan ginjal. Preeklampsia dapat menyebabkan komplikasi serius bukan hanya pada ibu hamil namun juga janin. Namun dengan mencukupi asupan DHA dapat menurunkan risiko terkena preeklamsia.

Manfaat DHA Untuk Mencegah Postpartum Depression

Setelah melahirkan, sebagian wanita mengalami depresi yaitu kondisi yang dikenal sebagai postpartum depression. Kondisi ini membuat penderitanya merasa putus asa sehingga berakhir menyakiti diri sendiri atau bayi yang baru dilahirkan. Untuk mencegah kondisi ini maka menurut penelitan asupan DHA haruslah tercukupi.

Manfaat DHA Untuk Mendukung Perkembangan Otak Janin

DHA tentu bukan hanya bermanfaat bagi ibu hamil namun juga janin yang sedang dikandungnya. Salah satu manfaatnya yaitu mendukung perkembangan otak si kecil. DHA merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh si kecil terutama pada masa kehamilan ibu trimester ketiga

Hal ini karena di masa tersebut terjadi perkembangan otak anak yang mencapai puncaknya. Tingginya asupan DHA pada ibu hamil dapat merangsang kecerdasan otak anak setelah lahir nanti. Kurangnya asupan DHA setelah bayi lahir juga dapat meningkatkan risiko anak terkena gangguan perilaku, ADHD, gangguan tumbuh kembang, dan juga kesulitan belajar.

Manfaat DHA Untuk Mencegah Bayi Lahir Prematur

Setiap ibu pasti menginginkan bayinya lahir sehat. Dengan memenuhi asupan DHA terutama pada trimester akhir kehamilan maka dapat mencegah bayi lahir secara prematur. Bayi dikatakan lahir prematur apabila belum mencapai kandungan usia 37 minggu. Bayi yang lahir prematur lebih rentan mengalami masalah kesehatan baik itu gangguan tumbuh kembang, gangguan fungsi organ, hingga ukuran berat dan tinggi si kecil.

Inilah 4 manfaat DHA untuk ibu hamil dan juga janin. Pastikan ibu mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti Nestle Me & Mom atau Dancow FortiGro Instant untuk anak yang kaya akan kandungan DHA untuk menjaga ibu hamil dan pertumbuhan si kecil.