25/10/2020

Inspirasi

Inspirasi

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Yang Alami Di Rumah


Sakit kepala muncul akibat beberapa faktor. Selain itu, jenis sakit juga ada berbagai tipe. Ketika menyerang, kepala terasa pusing hebat dan tekanan. Perlu Anda ketahui, sakit kepala adalah gejala penyakit bukan penyakit itu sendiri. Sakit ini juga dapat teratasi dengan pengobatan modern. Namun, Anda dapat menggunakan cara menghilangkan sakit kepala yang alami dan tidak akan memberikan efek negatif.
Jenis Sakit Kepala
Migrain atau sakit kepala sebelah adalah jenis sakit dimana Anda hanya merasakan nyeri pada sisi kanan atau kiri kepala. Sakit terjadi karena tidak seimbang asupan darah serta faktor eksternal ian. Sakit kepala juga terjadi ketika ada masalah pada pencernaan. 
Ketika Anda merasa mata lelah, sakit kepala juga muncul akibat kelelahan menjalar. Sakit juga muncul karena sinusitis yaitu gangguan hidung. Sakit yang lain terjadi karena stress. 
Semua sakit tersebut sering muncul dengan level tertentu. Ada orang yangs sering merasakan sakit migraine ketika berpikir keras. Jika sakit telah berlangsung lama, Anda harus konsultasi ke dokter. Cara untuk mengatasi sakit kepala secara alami akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Cara Menyelesaikan Masalah Sakit Kepala

Berikut ini akan dijelaskan lima cara menghilangkan sakit kepala yang dapat diterapkan di rumah. Bahan, alat, dan cara cukup mudah.

      Jahe dan es batu

          Anda sakit migraine dan butuh sesuatu untuk mengurangi rasa sakit. Cara cepatnya adalah es batu atau air dingin. Es batu dianjurkan karena mampu mendinginkan suhu kepala. Setelah itu, suhu dingin membuat darah menjadi lancar setelah sebelumnya bergerak sangat cepat. Setelah merasa agak membaik, Anda segera minum jahe atau olahannya. Jahe memiliki khasiat untuk menyegarkan tubuh termasuk berdampak positif pada kepala.

              Mengurangi makanan laktosa, pedas, dan asam

                  Jika sakit kepala terjadi karena gangguan pencernaan, Anda cukup menghindari makanan yang sangat berisiko. Makanan tersebut adalah laktosa, pedas, dan asam. Laktosa adalah gula yang terkandung di susu. Makanan pedas dan asam akan bereaksi dengan lambung dan usus sehingga harus dihindari.

                      Menguapi hidung

                          Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi hidung. Segera menguapi dengan air panas. Selain itu, tambahkan pula wangian herbal seperti peppermint untuk melegakan pernapasan. Cara ini cukup efektif untuk meredakan sakit hebat di kepala. Anda juga bisa minum wedang jahe sehingga tubuh menjadi lebih segar. 

                              Pijatan di beberapa bagian tubuh

                                  Kepala memiliki pembuluh darah yang tipis. Anda bisa merasakan denyut darah yang mengalir di bagian dahi dan belakang kepala. Ketika terjadi stress, bagian tersebut sangat tegang. Anda segera memijat perlahan ke arah bawah hingga tengkuk dan leher, selain itu, beri juga pijatan di kedua dahi dan pelipis hingga pipi bagian atas. Pijatan berlanjut di pergelangan tangan dan kaki.

                                      Ketimun

                                          Mata lelah akan mengganggu konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala. Cara untuk meredakan nya adalah istirahat dan ketimun. Letakkan potongan timun di mata dalam keadaan tertutup . Terapi ini sering digunakan untuk menghilangkan mata panda atau kantung hitam.
                                          Semua cara di atas dapat dilakukan di rumah. Anda tidak perlu membeli banyak bahan atau alat. Timun dan jahe memiliki harga terjangkau. Air panas untuk uap da es batu juga tersedia di rumah. Yang terpenting ketika meredakan sakit kepala adalah mengurangi suhu dan melancarkan peredaran darah.