25/10/2020

Inspirasi

Inspirasi

Apa itu Flash Sale? Yuk Kita Intip



Flash sale, anda pasti sudah pernah dengan kan? Yap, flash sale adalah salah satu program jual cepat yang sering dilakukan oleh toko-toko online. Flash sale adalah suatu sistem penjualan dengan konsep memberikan harga barang yang rendah atau diskon namun hanya berlaku pada waktu-waktu yang sudah ditentukan biasanya dalam rentang waktu yang sangat cepat. Flash sale ini dijalanankan di dunia e-commerce. 

Flash sale biasanya menjual berbagai macam produk, namun yang paling sering adalah smartphone. Contohnya smartphone xiaomi yang sering melakukannya, bahkan saat pertama kali xiaomi meluncurkan produknya, xiaomi menjualnya dengan cari flash sale melalui salah satu e commerce yaitu lazada. 

Masa flash sale sudah ditentukan waktuknya, biasanya ditentukan pada hari apa, tanggal berapa dan jam berapa.  biasanya sangat singkat waktu yang diberikan, hal itu yang menyebabkan mengapa diberi nama flash sale atau penjualan cepat. Flash sale ini biasanya sering kehabisan produk dalam waktu yang hitungan menit, hal itu disebabkan pada flash sale biasanya hanya menyediakan produk dalam jumlah yang terbatas. 

Sistem flash sale ini dipilih karena akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pembeli dan pembeli juga merasa tertantang untuk mendapatkan barang dan memiliki barang yang spesial ini. Namun strategi flash sale ini tidak dapat diberlakukan setiap saat namun harus disesuaikan dengan moment-moment tertentu dimana melihat apakah daya beli masyarakat saat itu tinggi atau tidak, misalnya awal bulan atau akhir tahun yang akan memberikan keuntungan bagi pembeli maupun penjual.

Dengan tawaran harga yang murah namun dibatasi dengan jumlah produk yang terbatas dan waktu yang singkat membuat penjualan akan semakin meningkat. Tak jarang orang membelinya bukan karena butuh melainkan karena tergiur dengan harga yang ditawarkan. Tawaran yang menggiurkan tersebut membuat masyarakat semakin berebut barang tersebut bahkan kadang sampai membuat servernya down karena saking banyaknya orang yang mengakses. Barang yang dijual di flash sale pun akan ludes cuma dengan hitungan menit saja. Untuk membuat flash sale bagi para produsen sangat mudah pertama hanya cukup memikirkn barang apa yang mau dijual, hitung berapa diskon yang akan diberikan, berapa jumlah stock produk yang akan dijual, dari situ sudah dapat dihitunh secara kasar berapa keuntungan yang bisa didapatkan. Ada hal yang sangat penting yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan riset pasar apakah barang tersebut diminati oleh masyarakat atau tidak, dengan begitu nanti bisa memperkirakan flash sale akan sukses atau tidak.

Demi menunggu waktu dibukanya flash sale ini ada sebagian orang yang rela tidak melalakukan pekerjaan apapun dan bersiap menunggu dibukanya flash sale tersebut dengan hanya memandangi layar smartphone karena saking takutnya tertinggal walaupun hanya dalam hitungan detik namun sangat berarti. Serba serbi flash sale memang akan memberikan keuntungan dan kelebihan. Beberapa kelebihan yang akan didapat yaitu pelanggan bisa mendapatkan barang berkualitas bagus yang diimpikan dengan harga yang jauh dari pasaran. Selain keuntungan tersebut terdapat beberapa kerugian atau kekecewaan  yang banyak dialami oleh para pelanggan, diantaranya adalah server yang mudah down, hal ini disebabkan oleh overload dari pengunjung dalam waktu yang bersamaan, karena server yang down ini membuat kadang pelanggan sudah berhasil memasukkan barang ke keranjang dan sudah muncul harus melakukan transakasi kemana namun tiba-tiba barang yang dipilih hilang dan berujung pada kegagalan mendapatkan barang tersebut.